RAKERDA KWARDA JAMBI 2019

Kamis, 14 Februari 2019 | 11:31:41 WIB | Dibaca: 994 Kali


Peserta Rakerda Kwarda Jambi Tahun 2019

JAMBI - Bertempat di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi

 

Tema Perkuat Integeritas Membangun Sinergi Menuju Pramuka Garuda Simpatik 2022

Sambutan Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, H. Sudirman SH.,MH mengatakan tahun ini 2 tahun kepengurusan Kamabida Jambi. Dibutuhkan dukungan dukungan yang optimal dalam mendidik anak bangsa melalui kepramukaan.

"Masukan proker tahun 2020 yang dihasilkan pun akan lebih baik," kata Sudirman kemarin (14/2).

Dia mengungkapkan, rakerda tahun ini berbeda dengan rakerda tahun sebelumnya yang rutin dilaksankan akhir tahun, untuk tahun 2019 rakerda dilakukan pada awal tahun. Penyebabnya adalah karena pada tanggal 21- 24 Februari mendatang, akan dilaksanakan rakernas, sehingga kegiatan rakerda pun dimajukan.

"Hasil rakerda nantinya bisa memberikan kontribusi proker dalam rakernas. Terlebih terdapat 5 pengurus Kwarda Jambi yang berada di Kwarnas. Ini menjadi bagian penting karena dapat memberikan warna proker di Kwarnas," terangnya.

Pihaknya juga melaporkan kepada Kamabida, pada tahun 2020 mendatang Provinsi Jambi ditunjuk menjadi tuan rumah perkemahan Wira Karya Nasional, yakni perkemahan yang memiliki kegiatan pembangunan sarana dan prasarana fisik seperti pembangunan MCK, jalan dan lainnya.

"Ini harus bersinergi dengan Pemprov terutama dalam kegiatan sarana dan prasarana. Kami juga akan melibatkan beberapa Kabupaten/Kota. Lokasi kegiatan di Bumi Perkemahan Abdurahman Sayoeti Musa Desa Sungai Gelam. Tidak lupa kami sampaikan salah satu andalan Kwarda Jambi adalah mewujudkan 1.000 Pramuka Garuda, dan Jambi menjadi percontohan Pramuka Garuda ditingkat Sumatera," paparnya.

 Sementara, Kamabida Jambi oleh Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar M.Hum melalui Asisten I Setda Provinsi Jambi Drs. H. Apani Sahrudin menambahkan, kegiatan rakerda memiliki makna dan tujuan penting, berupa konsolidasi organisasi, evaluasi kegiatan yang dilakasnakan tahun 2018 dan poker yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang..

"Evaluasi kegiatan tahun sebelumnya, seperti berbagai permasalahan yang dihadapi. Menjadi bahan pertimbagan proker pada tahun mendatang. Karena sesuai AD/ART bahwa Gerakan Pramuka harus melaksankan rakerda setiap tahun," jelas Apani.

Dirinya berpesan agar dalam rakerda antara Kwarda dan Kwarcab memiliki agenda yang bernilai guna, dan menyusun rencana kerja yang lebih baik serta menyeluruh dan menyentuh substansi kegiatan kepramukaan yang melibatkan generasi muda.

"Manfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk menetralisir pengaruh negatif. Kita tidak ingin generasi muda menjadi apatis dan melakukan hal yang tidak produktif. Gerakan Pramuka hadir dan berperan aktif membentengi generasi muda. Kita harus bergandengan untuk memajukan Pramuka di Provinsi Jambi," tandasnya.

 

 

 

Komentar Facebook