Latihan Pengembangan Kepemimpinan Kwarda Jambi

Sabtu, 06 April 2019 | 11:46:02 WIB | Dibaca: 33 Kali


Peserta Latihan Pengembangan Kepemimpinan Kwarda Jambi tahun 2019

 
Latihan Pengembangan Kepemimpinan Kwarda Jambi
 
 JAMBI – Sebanyak 37 orang pramuka penegak dan pandega dari Kwarda Jambi dan 11 Kwarcab Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, mulai 6-11 April mendatang, bakal mengikuti Latihan Pengembangan Kepemimpinan Kwarda Gerakan Pramuka Jambi. Ketua Sangga Kerja, Dea Aulia dalam laporannya mengatakan, maksud kegiatan adalah sebagai pengembangan kepemimpinan bagi pramuka penegak dan pandega tingkat Kwarda Gerakan Pramuka Jambi. 
 
“Sehingga mengembangkan kemampuan dalam memimpin dan memberikan pengaruh bagi orang lain, sesuai dengan perkembangan masyarakat, serta mampu dan cakap dalam memimpin dan mengelola Dewan Kerja, Dewan Andalan dan Dewan Rencana,” kata Dea Sabtu (6/4) lalu.
 
Sedangkan tujuan kegiatan adalah agar peserta mampu memahami hakikat kepemimpinan dan menjalankan kepemimpinan, melakukan setiap program yang dilaksanakan diorganisasi Dewan Kerja, Dewan Ambalan dan Dewan Rencana.
 
“Dengan pelatihan diharapkan pramuka penegak dan pandega mampu memahami hakikat kepemimpinan  dan menjalankan kepemimpinan, mampu melaksanakan program yang direncanakan, serta mampu mengevaluasi program yang telah dilaksanakan diorganisasi, serta Dewa Kerja, Dewan Andalan dan Dewan Rencana, dalam mendukung program kerja Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, mewujudkan 1000 Pramuka Garuda Simpatik ditahun 2022 mendatang,” paparnya.
 
Sementara, Utusan Kwartir Nasional Joshua Sampoerna dari Dewan Kerja Nasional (DKN) dalam sambutannya mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan, nantinya peserta bisa mengimplementasikan bagaimana menjadi seorang pemimpin. 
 
“Adik-adik adalah generasi yang akan menggantikan kami dimasa yang akan dating. Kami harapkan kegiatan berlangsung lancer, setelah kegiatan nantinya adik-adik bisa menerapkan ilmu yang di dapat, bagaimana nantinya menjadi pemimpin hebat,” terang Joshua.
 
Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, H. Sudirman S.H.,M.H menambahkan, untuk menjadi seorang pemimpin ada beberapa syarat yang harus dimiliki, diantaranya, mampu memimpin dirinya sendiri, dengan cara melaksanakan sesuai kewajiban yang telah diperintahkan, dan memiliki hubungan yang baik antara sesama manusia.
 
“Menjadi pemimpin  bukan suatu teori, tapi melalui proses panjang, karena teori hanya bekal dasar saja, selebihnya adalah praktek. Gerakan Pramuka bukan menciptakan pemimpin yang focus pada teori, namun menjadi pemimpin yang bisa mendidikasikan dirinya kepada sekitar. Jadi pramuka ini adalah wadah bagi adik-adik untuk menjadi pemimpin, sesuai  program kerja kami yakni, mewujudkan 1000 Pramuka Garuda Simpatik ditahun 2022,” papar Sudirman.
 
Dikatakannya, pelatihan yang dilaksanakan, akan terlihat kemampuan peserta menjadi seorang pemimpin dimasa yang akan datang. Dia meminta kepada peserta untuk menggantungkan cita-cita serendah mungkin, tapi peserta harus memiliki cita-cita yang tinggi. Karena dengan cita-cita yang tinggi, harapn menggapai cita-cita akan tercapai, pengalaman dalam Gerakan PRamuka menjadi motivasi bagi peserta meraih cita-cita.
 
“Dimasa yang akan datang, kami ingin melihat adik-adik menjadi seorang pemimpin dilingkungan daerah maupun lingungan nasional, itulah keinginan kami di Kwarda Gerakan Pramuka Jambi,” tandasnya.
 
Dalam kegiatan dihadiri Waka Binawasa Kwarda Jambi Drs.H Mohd Damiri, Waka Keuangan dan Sarpras Kwarda Jambi H. AS Budianto MM, Sekretaris Kwarda Jambi Yevi Rivaldi, SH, Wakil Sekretaris Kwarda Jambi Suci Lestari, SH, Ka. Pusdiklatda Kwarda Jambi H. Ricky Wahyudi, SE,  para andalan Kwarda Jambi,  Satuan Pengawas Internal,  dan Dirut PT. Pandu Muda Perkasa.(yos)
 

Komentar Facebook