Pelantikan Pengurus Puslitbang Gerakan Pramuka Jambi

Sabtu, 22 Juni 2019 | 10:31:54 WIB | Dibaca: 43 Kali


H. Sudirman, SH, MH selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi melantik sejumlah pengurus Puslitbang

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, H. Sudirman, SH, MH melantik sejumlah pengurus Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kwarda Gerakan Pramuka Jambi masa bakti 2017-2022 di aula Kwarda Jambi pada Sabtu (22/6) lalu.

Kepala Pusat Puslitbang Kwarda Gerakan Pramuka Jambi yang juga Kepala Bappeda Provinsi Jambi Dr. Donie Iskandar, S.Sos, MT mengatakan, Puslitbang sangat  penting dan strategis untuk Gerakan Pramuka saat ini.

“Gerakan Pramuka akan selalu eksis dan diminati oleh kaum muda. Bila memiliki data-data yang up to date, tentang perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka. Kami beserta pengurus Puslitbng bertekad  untuk mengaktifkan Puslitbang Kwarda Gerakan Pramuka Jambi,” aku Donie.

Sementara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, H. Sudirman, SH MH menambahkan, Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal. Hal ini untuk melengkapi pendidikan formal dan informal yang memiliki potensi sebagai perekat serta penyelamat bangsa, dari perepcahan, disintegerasi NKRI.

Gerakan Pramuka pada hakikatnya merupakan wadah pendidikan dan pembinaan yang dilakukan oleh orang dewasa bagi anak muda. Tujuannya agar anak muda dapat menjadi manusia yang berakhlak, beriman, terampil dan berwawasan.

“Sehingga diharapkan dapat menjadi manusia yang tangguh dan dapat menjadi aset  utama dalam pelaksanaan pembangunan dimasa yang akan datang,” ujar Sudirman.

Tugas dan peran anggota dewasa khususnya pengurus Mabi dan Kwartir, dituntut untuk lebih progresif, intensif serta proaktif dalam melaksanakan visi, misi, kode kehormatan, prinsip dasar, metode kepramukaan. Hal ini untuk mendukung upaya pencapaian tujuan. Puslitbang, merupakan badan integral dari Kwartir yang berfungsi sebagai wadah pelaksana penelitian dan pengembangan Gerakan Pramuka.

“Dengan terbentuknya Puslitbang di Kwarda Jambi, diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan dalam Gerakan Pramuka, khususnya dalam jajaran Provinsi Jambi. Tujuannya untuk mendukung program Kwarda Gerakan Pramuka Jambi di tahun 2022,” paparnya.

Dirinya berharap kepada seluruh pengurus Puslitbang agar dapat menajdi tenaga yang cakap dan mampu, serta memiliki dedikasi tinggi dalam menjalankan roda organisasi dalam upaya mencapai tujuan Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi.

“Kepada pengurus yang dilantik, bekerjalah secara professional dan progresif dengan tetap berpegenag teguh pada kode kehormatan Gerakan Pramuka,” tandasnya.

Dalam kegiatan turut hadir Unsur Pimpinan Kwarda Jambi, Ketua LPK, Pengurus Badan Kelengkapan Kwarda Jambi, Dirut PT. PMP, Ketua Dewan Kerja Daerah Jambi beserta anggota, para Andalan Gerakan Pramuka Jambi dan tamu undangan lain. (yos)

Komentar Facebook