KMD KERJASAMA DINAS PENDIDIKAN DAN KWARDA JAMBI TAHUN 2019

Senin, 01 Juli 2019 | 11:11:59 WIB | Dibaca: 6 Kali



Dinas Pendidikan Provinsi Jambi bekerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka  Jambi tahun 2019 menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Bagi Guru SMA, SMATB dan SMK Se-provinsi Jambi.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Kepala dinas pendidikan provinsi jambi, Agus Heriyanto Senin(01/07/2019) aula Kwarda gerakan pramuka jambi.

Turut mendampingi Ka Kwarda gerakan pramuka jambi, H. Sudirman serta para pelatih dan pengurus Kwarda gerakan pramuka jambi.

Dikatakan oleh Agus Heriyanto, Organisasi Gerakan Kepramukaan adalah merupakan lembaga pendidikan non formal bagi anak-anak dan pemuda, yang bertujuan membantu pengembangan pribadi, watak, dan jiwa sosial para generasi muda kita yang didasarkan pada kesukarelaan, tidak berpolitik.

" kesempatan yang berharga ini untuk menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat mengikuti Kursus Mahir Tingkat dasar (KMD) bagi Pembina Pramuka jenjang SMA dan SMK Se Provinsi Jambi,"ujarnya.

Kehadiran para guru  dari berbagai sekolah dan dari berbagai daerah kabupaten/Kota Se Provinsi Jambi selain dapat mengukuhkan ukhuwah islamiyah, persaudaraan sesama pengurus Pramuka, juga ukhuwah wathoniyah persaudaraan di antara sesama warga Jambi.

"Kegiatan Pramuka, merupakan upaya .untuk mewujudkan generasi muda yang mandiri, berdaya saing, dan berakhlak mulia, gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat penting dan menentukan,"terangnya.

 Gerakan Pramuka memberi ruang, wadah, dan media dalam membangun generasi muda yang memiliki karakter, kepribadian, dan watak yang kuat. Gerakan Pramuka memberi ruang untuk pembangun generasi muda yang cerdas, tangguh, luhur budi pekertinya serta rukun dan bersatu.

Ditambahkan Sudirman, Gerakan pramuka juga menduduki peran yang makin penting di era global sekarang ini. Era globalisasi telah menghadirkan tumbuhnya gejala universalisme dan transnasionalisme yang kian menguat.

"Globalisasi juga berpotensi menumbukan gejala denasionalisme atau melemahnya rasa kebangsaan. Gerakan Pramuka dengan ragam kegiatan yang bernuansa cinta tanah air memegang peran penting untuk mempertebal semangat nasionalisme di tengah-tengah fenomena globalisasi,"katanya.

mengingat pentingnya gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda bangsa, Pemerintah Provinsi Jambi telah dan terus memberikan perhatian yang besar pada peningkatan peran gerakan Pramuka di tengah masyarakat Bumi sepucuk Jambi sembilan lurah.

"Berdasarkan Permendikbud Nonmor 63 tahun 2014 tentang Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 junto 065 tahun 2014 tentang Standarisasi Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Kursus Mahir Dasar adalah jenjang pertama kursus Pembina Mahir, Peserta KMD adalah Pembina yang akan membina peserta didik di gugus depan khususnya jenjang SMA/SMALB dan SMK,"urainya.

Pengetahuan kepramukaan untuk dipraktekkan setelah KMD selesai ditempat tugas masing-masing dimana setelah selesai kegiatan ini akan mendapat jazah sebagai bukti telah lulus mengikuti KMD.

Adapun tujuan dari pelaksanaan KMD adalah untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam satuan Pramuka, setelah selesai KMD diharapkan mampu melaksanakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, menantang dan mengandung unsur pendidikan melalui kegiatan Kursus kepramukaan.

 

 

 

Komentar Facebook