Kontingen Kwarda Jambi Ikuti KBN X di Sumbar

Jumat, 23 Agustus 2019 | 09:52:49 WIB | Dibaca: 62 Kali


Penyerahan bendera kontingen dari pimpinan kwarda ke bindamping kontingen

Sebanyak 16 kontingen daerah Kwarda Jambi, diberangkatkan ke Sumatera Barat dalam ragka Kemah Budaya Nasional (KBN) X di Bumi Perkemahan Minang Fantasi Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat.

Ardian, SPd yang merupakan Pendamping putra kontingen mengatakan, KBN ini diselenggarakan oleh Kwarnas yang bekerjasama dengan Kwarnas.

“Tujuannya adalah pembinaan pramuka penggalang, meningkatkan nilai-nilai keberagaman budaya nasional dan meningkatka karakter karakter bangsa bagi kontinen,” ujar Ardian dalam Upacara Pelepasan Kontingen Daerah Jambi ke KBN X tahun 2019 pada Jum'at (23/8) lalu.

Dikatakannya, kegiatan berlangsung 26-30 Agustus mendatang. Sebanyak 16 kontingen yang diberangkatkan adalah penggalang putra dan putri yang berasal dari Kwarcab Kerinci 1 orang, Merangin 3 orang, Sarolangun 2 orang, Batanghari 3 orang, Kota Jambi 4 orang, Muarojambi 2 orang dan Kwarcab Tanjabtim 1 orang.

“Dengan didampingi pendamping putra dan putri. Ada juga Kwarcab yang tidak mengirimkan utusan seperti Kwarcab Sungai Penuh, Tanjabbar, Bungo dan Tebo. Padahal armada keberangkatan menuju lokasi telah dipersiapkan panitia, tapi ada juga Kwarcab yang tidak mengirimkan utusan,” paparnya.

Sementara itu Ketua Kwarda Jambi, H. Sudirman SH MH melalui Sekretaris Yevi Rivaldi SH menambahkan, pramuka merupakan organisasi pendidikan yang sangat istimewa, karena memiliki sistem kelembagaan yang berjenjang dari Gudep hingga kwarnas.

“Sehingga kiprah pramuka diaggap penting karena selalu berusaha mencetak generasi muda yang cakap memiliki wawasan yang luas,” urai Yevi.

Kwarda Jambi memiliki program 1.000 Pramuka Garuda, dan kontingen yang diberangkatkan merupakan bagian dari pramuka garuda. Saat dilokasi kontingen harus menerapkan tata cara Pramuka Garuda.

Kegiatan yang dilaksanakan pun memiliki makna positif karena dapat membentuk karakter peserta, menambah wawasan kecakapan yag berguna dimasa yang akan datang. Karena peserta berasal dari seluruh kwarda di Indonesia.

“Jalin ikatan silaturahmi yang kuat dengan kontingen lain. Harumkan nama Kwarda Jambi dan kurangi bermain gadget, jaga kesehatan dan pola makan. Semoga adik-adik bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini,” tandasnya.

Dalam kegiatan dihadiri pengurus Kwarda Jambi, pembina pendamping, pengurus DKD, staf Kwarda Jambi, peserta KBN dan orang tua kontingen. 

Komentar Facebook