Kursus Keterampilan Kepramukaan Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2019

Jumat, 01 November 2019 | 08:11:01 WIB | Dibaca: 41 Kali



Dalam rangka peningkatan kapasitas Anggota Dewasa Gerakan Pramuka yaitu Pembina pelatih, Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi melaksanakan kursus keterampilan kepramukaan di Cadika Kwartir Cabang (Kwarcab) Batanghari selama lima hari, yakni sejak tanggal 23-37 Oktober 2019. Ketua Kwarda gerakan Pramuka Jambi H. Sudirman, SH. MH dalam hal ini diwakilkan Waka Binamuda Satria Budhi, MM mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan para pembina pelatih memiliki standar kompetensi sebagai instruktur maupun sebagai penilai kegiatan perkemahan, pionering dan Out Door Scout Activites Games (Odsag) sertaTrauma Healing. Lebih lanjut, Satria juga mengharapkan agar memiliki pengayaan metode dalam proses pendidikan kepramukaan yang selanjutnya dapat membantu kwartir dalam proses pembinaan di gugus depan dan proses pembelajaran
Pusdiklat.

“Saya ingatkan kembali bahwa tugas gerakan Pramuka adalah melaksanakan pendidikan bagi kaum muda untuk melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan cara menyelenggarakan pendidikan kepramukaan yang berpegang pada prinsip dasar dan kode kehormatan kepramukaan, serta dilakukan dengan menggunakan metode kepramukaan dan sistem among yang dikemas dengan kiasan dasar disesuaikan dengan keadaan kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia,” jelasnya. Kegiatan kursus keterampilan kepramukaan ini, kata Satria"

maksudkan untuk meningkatkan kapasitas anggota dewasa dalam menciptakan pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka yang memiliki kemampuan dan legitimasi sebagai instruktur dan penilai kegiatan kepramukaan.
“Yang mencakup perkemahan Odsag dan trauma healing serta mendukung program unggulan kota Jambi yaitu menciptakan 1000 Pramuka Garuda simpatik Tahun 2022,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menciptakan tenaga potensial bagi Kwarda dan Kwarcab yang memiliki pengayaan metode kepramukaan dalam pendidikan kepramukaan yang dapat diterapkan pada proses pembinaan pembelajaran dan upaya meningkatkan kerjasama dengan pihak lain diluar gerakan Pramuka. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi 35 orang kakak-kakak pembina yang mengikuti pelatihan dalampengayaan metode kepramukaan untuk kemajuan gerakan Pramuka,” harap Satria. Pada kesempatan itu pula, Satria menginformasikan bahwa tahun 2020 nanti Kwarda Jambi akan menjadi tuan rumah kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) dengan estimasi peserta sebanyak 1500 orang. Dimana kegiatan tersebut akan dilaksanakandi bumi perkemahan Abdurrahman sayoeti-Musa, Sungai Gelam dan di Batanghari.“Tentunya pelaksanaan perkemahan wirakarya tingkat nasional itu membutuhkan peran serta kita semua untuk menyukseskan dan mengenalkan kebudayaan serta tradisi yang dimiliki oleh Provinsi Jambi,” pungkasnya.

Komentar Facebook