Kwarda Jambi kembali Menoreh Prestasi

Selasa, 26 November 2019 | 12:59:38 WIB | Dibaca: 29 Kali



Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi kembali menoreh prestrasi untuk ke 3 kalinya pada ajang kegiatan nasional yaitu Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti Tingkat Nasional Tahun 2019 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur dari tanggal 18 sd 25 November 2019.
Kegiatan Perkemahan Pertikawan Nasional 2019 dibuka secera resmi oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia Kak Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. didampingi Wakil Ketua Bidang oleh Wakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Saka, Sako, dan Gusdarma Kak Laksamana Muda TNI (Purn) Kingkin Suroso serta jajaran Pengurus Kwarnas Gerakaan Pramuka, giat diawali dengan Upacara Bhineka Tunggal Ika sebagai tradisi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang dipimpin oleh Ketua Dewan Kerja Nasional Kak Robby Zulfandi.

Pertikawan nasional tahun 2019 tersebut diikutin oleh 33 Kwartir Daerah Se Indonesia, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi sendiri mengirimkan peserta sebanyak 55 orang yang berasal dari Saka Kalpataru Kota Jambi, Saka Wanabakti Kota Jambi, Saka Wanabakti Muaro Jambi, dan Saka Wanabakti Kerinci, yang dipimpin oleh Kak Ridho Maulana dan Kak Dea Aulia Hidayat sebagai Pimpinan Kontingen Daerah Jambi dari Dewan Kerja Daerah Jambi.

Mengusung tema "Lestarikan Bumi, Sejahterakan Masyarakat" kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk perkemahan yang inovatif, kreatif, produktif, dan edukatif serta bersifat menyenangkan.
Pada giat ini juga memecahkan 3 rekor muri yaitu: Penggunaan tumblr terbanyak selama perkemahan, Senam GNPDAS-KHLK, dan menjahit nusantara dari bahan daur ulang.
Lalu juga ada giat Inisasi Kawan Bumi yang mana sebanyak 125 inisiator muda inilah yang diharapkan dalam setahun ke depan akan melahirkan ribuan pramuka aktivis lingkungan lainnya. Menteri Siti mengatakan Kawan Bumi akan lahir lewat 125 inisiator muda, anggota pramuka aktivis lingkungan yang melakukan aksinya sebagai bagian dari darma bakti kepramukaannya.
Selain itu juga ada giat prestasi, yang mana dari 7 mata lomba, Kwarda Jambi berhasil memenangkan 5 mata lomba yaitu:
1. Juara 2 Lomba Senam GNPDAS-KLHK
2. Juara 1 Lomba Karya Ilmiah Inovasi
3. Juara 1 Lomba Poster (Putra)
4. Juara 3 Lomba Busana Limbah (Putra)
Juara 2 Lomba Busana Limbah (Putri)
5. Juara 1 Putra Pertikawan
Total mendapatkan 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.
Kwarda Jambi telah mendapatkan 3 kali juara umum berturut-turut, pada 2007, 2014, dan 2019

Alhamdulillah Ka.kwarda Jambi melalui Waka Binamuda Kak. Satria Budhi mengucapkn terima kasih dan Penghargaan setinggi-tingginya kepada kontingen pertikawan Jambi atas perolehan juara umum ke 3 kalinya insyaAllah piala bergilir ini akan diteruskan kepada Gubernur Jambi pada acara penganugerahan tanda penghargaan kepada gubernur Jambi dari pengakap Negri Malasyia pada tanggal 27 nov 2019 pukul 20.00 wib di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Komentar Facebook