BPOM Bentuk Rintisan Satuan Karya Pramuka

Kamis, 21 November 2019 | 13:11:17 WIB | Dibaca: 11 Kali



Balai POM Jambi pada bulan keamanan pangan melakukan kampanye bulan keamanan pangan tahun 2019, Penggalangan komitmen pembentukan rintisan satuan karya pramuka POM.

Acara yang dilaksanakan di Wiltop Hotel (20/11) yang dihadiri oleh Asisten I Pemprov Jambi Apani, Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jambi dan Kwarcab Kota Jambi, tim penggerak PKK Provinsi Jambi, Pramuka tingkat perguruan tinggi, saka pramuka tingkat SLTA Kota Jambi, dengan jumlah peserta yang hadir 250 orang peserta.

Serangkaian acara telah dilaksanakan dari tanggal 29 Oktober, yaitu bimtek keamana pangan bagi siswa sekolah sebanyak 70 orang peserta, sekaligus diadakan lomba kuis keamanan panggan, dan untuk tanggal 20 Oktober diadakan kampaye keamana pangan yang diisi dengan lomba penyuluhan keamanan pangan, lomba yel-yel CEK Klik.

Kepala BPOM Jambi Drs Antoni Asdi menjelaskan, gaya hidup sehat sangat lah penting, terutama bagi konsumen yang akan membeli bahan pangan, kosmetik ataupun obat, sebaiknya kita harus melakukan "CEK_KLIK" yaitu cek kemasan, cek lebel, cek izin edar, cek kadaluarsa.

“Dan tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman anggota saka pramuka akan pentingnya keamanan pangan, untuk mendorong anggota saka POM dan masyarakat untuk secara mandiri mampu memastikan bahwa pangan yang akan dikonsumsi aman dengan cara membudayakan keamananan pangan dalam impelemtasi kehidupan sehari-hari, mengajak dan menggerakkan anggota aktif membudayakan keamanan pangan di keluarga dan juga dapat membagi pengetahuan kepada lingkungan,”ungkap Antoni.

Diungkapkan Antoni, sebagaimana kita ketahui bahwa keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat, pada pangan yang hendak dikomsumsi oleh semua masyarakat, pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilakan dari dapur rumah tangga, Kantin Sekolah, restoran maupun dari industri pangan.
Melalui organisasi kepramukaan yang merupakan suatu organisasi kemasyarakatan yang terstruktur memiliki anggota dengan jumlah besar di seluruh Indonesia, Balai POM Jambi melakukan kerja sama dengan pramuka,karena bisa membantu Badan POM dalam pengawasan obat dan makanan.

Seperti aplikasi pramuka sapa cek e-bpom,kegiatan penyuluhan informasi maupun pemantauan terhadap hal-hal yang tidak sesuai, terkait obat dan makanan dengan memanfaatkannya.

Pemerintah Provinsi Jambi memberikan apresiasi terutama kepada Balai POM Jambi atas menyelenggarakan kegiatan ini karena ini merupakan suatu edukasi kepada generasi muda kita tentang bagaimana perlu dan pentingnya keamanan pangan yang sehat obat obatan serta produk-produk kosmetik yang layak dipakai oleh masyarakat.

Komentar Facebook