RAKERDA Jambi Tahun 2021

Minggu, 14 November 2021 | 18:51:14 WIB | Dibaca: 651 Kali



Ka.Mabida Jambi, Kak Dr. H. Al Haris, S.Sos.,M.H yang diwakili oleh Waka Mabida, Kak H. Sudirman, SH.,MH membuka Rapat kerja daerah (RAKERDA) Kwarda Jambi Tahun 2021. Dalam sambutannya, Waka Mabida, Kak H. Sudirman, SH.,MH mengatakan, rakerda yang dilaksanakan ini merupakan rakerda terakhir dimasa kepengurusan 2017-2022.
"Kami mengapresiasi Kwarda Jambi yang rutin dalam setiap tahunnya melaksanakan rakerda. Karena rakerda ini merupakan evaluasi dan perencanaan yang akan dilakukan ditahun berikutnya," kata Waka Mabida Jum'at (12/11) lalu.
Dirinya juga mengapresiasi Kwarda Jambi, karena pada 3-10 November mendatang, Provinsi Jambi ditunjuk menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN). Sebagai tuan rumah, nama Provinsi Jambi pun dipertaruhkan untuk bisa mensukseskan kegiatan tersebut.
"Kami optimis kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik. Terdapat 6 desa yang menjadi lokasi PWN tahun 2021, untuk main camp di Buper Abdurahman Sayuti Musa Desa Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi. Sedangkan sub camp di 5 desa di Kabupaten Batanghari, yakni Desa Bajubang Laut, Desa Olak, Desa Aro, Desa Singoan dan Desa sungai Baung di Kabupaten Batanghari," terangnya.
Dia menambahkan, 5 desa di Kabupaten Batanghari tersebut, nantinya bakal menjadi cikal bakal berdirinya Kampung Pramuka di Provinsi Jambi, yang bisa diikuti di Kabupaten/Kota lain di Provinsi Jambi. Kegiatan PWN tahun 2021 ini sudah diawali Pra PWN sejak 6 November lalu untuk pembekalan dan pelatihan, dilanjutkan sekitar 15-17 November melakukan bakti fisik. PWN ini merupakan bakti pramuka penegak dan pandega yang meninggalkan bukti fisik dilingkungan kegiatan PWN. Sekitar 15-17 November akan dilakukan peletakan batu pertama tugu pramuka di Desa Bajubang Laut oleh Bupati Batanghari. Nantinya finishing bukti fisik tugu pramuka diselesaikan 3-10 Desember mendatang.
"Kami bahkan sudah melakukan komunikasi dengan anak Sri Sultan Hamengkubuwono X, akan ada hibah bantuan Masjid di Kabupaten Batanghari, mudah-mudahan ini dapat berjalan dengan baik," harapnya.
Namun yang tidak kalah pentingnya dalam kegiatan PWN tahun 2021 adalah, dengan kegiatan ini dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, pemberdayaan desa, menciptakan lingkungan yang asri dilokasi PWN Dan bisa memberdayakan Bumdes.
"Terima kasih kepada Bank Jambi, yang telah berkontribusi bagi kami dengan memberikan bantuan senilai Rp 50 juta untuk pelaksanaan PWN tahun 2021. Kami optimis kegiatan dapat sukses, karena persiapan kita yang sudah luar biasa, tentu ini atas dukungan kita semua," urainya.


Sebelumnya, Ketua Panpel RAKERDA Kwarda Jambi tahun 2021 yang juga Waka KUSP Kwarda Jambi, Kak H. AS. Budianto, MM dalam laporannya mengatakan, RAKERDA Kwarda Jambi tahun 2021 ini berlangsung 12-14 November, yang mengangkat tema "Terwujudnya Sinergitas Organisasi, untuk Terus Berbakti Tanpa Henti, Guna Tercapainya Amanah Musda 2017-2022, dan Pencapaian 1.000 Pramuka Garuda Simpatik Tahun 2022". Karena sesuai AD-ART Pramuka, RAKERDA yang dilaksanakan untuk pengendalian operasional, sehingga perlu dilaksanakan RAKERDA setiap tahunnya.
"Pelaksanaan RAKERDA tahun 2021 masih dalam masa pandemi, sehingga dalam pelaksanaan menerapkan prokes dan membatasi jumlah peserta," ujar Ketua Panpel.
Dikatakannya, kepengurusan Kwarda Jambi akan berakhir Juli 2022 mendatang. Artinya, RAKERDA Kwarda Jambi tahun 2021 merupakan RAKERDA terakhir yang dilaksanakan, untuk masa bakti 2017-2022. Karena pada tahun 2022 mendatang akan dilaksanakan Musda Kwarda Jambi. Sehingga RAKERDA tahun ini memiliki agenda mengenai pembahasan konsep rencana startegis Gerakan Pramuka Jambi tahun 2022-2027. Dalam kegiatan RAKERDA ini peserta berasal dari utusan Kwarda Jambi dan 11 Kwartir Cabang dalam jajaran Kwarda jambi.

Komentar Facebook