Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional Jambi Tahun 2021

Sabtu, 04 Desember 2021 | 18:34:00 WIB | Dibaca: 756 Kali



 

Sabtu, 4 Desember 2021

Jambi - Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Kak Joko Widodo, diwakili Sekretaris Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Kak Zainudin Amali secara resmi membuka kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Jambi tahun 2021. Sabtu, (4/12/2021).

Upacara Pembukaan Kegiatan PWN Jambi tahun 2021 dilakukan di tiga lokasi berbeda yaitu di maincamp Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti Musa Kabupaten Muaro Jambi, Subcamp di Lapangan Desa Singoan Kabupaten Batanghari dan pembukaan oleh Kak Zainudin Amali melalui zoom meeting di Jakarta.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kepala BKKBN RI, Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Ketua Kamabida Gerakan Pramuka Jambi, Ketua Kwartir Daerah Se-Indonesia, Forkompimda Provinsi Jambi, Ketua KLHK wilayah Jambi, Kepala OPD Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi

Pimpinan Kwarda Jambi, Mabicab, Ka Kwarcab dilingkungan Kawrda Jambi serta tamu undangan.

Kak Zainudin Amali dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PWN Jambi tahun 2021 memberikan dampak baik bagi masyarakat terlebih saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19, yang mana dampak dari pandemi mengakibatkan kelemahan ekonomi.

"Salah satu dampak dari pandemi adalah persoalan ekonomi khususnya yang terjadi di masyarakat kita. Apa yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka khususnya melalui Perkemahan Wirakarya Nasional, kegiatan ini sangat positif dan kontributif terhadap membangkitkan kembali ekonomi di tengah-tengah masyarakat. Perkemahan Wirakarya Nasional di desa-desa dengan segala aktivitasnya yang pada akhirnya akan membentuk kampung Pramuka atau Desa Pramuka hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat," ujarnya. Sabtu, (4/11/2021).

Ia juga berharap, bahwa kedepan Gerakan Pramuka terus bisa ambil bagian dalam kegiatan pembangunan. "Kehadiran Gerakan Pramuka di tengah-tengah masyarakat sudah cukup nyata dalam perjalanan usia Pramuka ke 60 tahun. Pemerintah sekali lagi mengharapkan partisipasi aktifnya agar dampak yang dirasakan oleh masyarakat bisa segera teratasi dalam kehadiran Gerakan Pramuka," bebernya.

Selanjutnya, Ka Kawarnas Gerakan Pramuka Jambi Kak Budi Waseso menjelaskan bahwa kegiatan PWN Jambi tahun 2021 ini merupakan Perkemahan Wirakarya Berkelanjutan. Dimana seluruh pembangunan dan kegiatan bakti yang dilaksanakan di PWN Jambi akan terus dilanjutkan setelah PWN usia.

"Gerakan Pramuka itu adalah Pramuka berbakti tanpa henti. Itulah sebabnya Perkemahan Wirakarya Nasional kali ini tidak berhenti setelah perkemahan usai, diawali dengan Pra PWN yang sudah dilakukan bulan lalu dilanjutkan dengan Perkemahan Wikarya Nasional pada saat ini dan nantinya akan diteruskan dengan kegiatan-kegiatan pasca Perkemahan Wirakarya Nasional. Kegiatan tersebut diperkirakan akan berlangsung selama 3 tahun sehingga semua proyek bakti masyarakat dan pembangunan yang dilaksanakan dapat benar-benar terwujud dengan baik karena itulah kami menyebut kegiatan kali ini sebagai Perkemahan Wirakarya Nasional Berkelanjutan," jelasnya.

Senada dengan itu, Kamabida Gerakan Pramuka Jambi Kak Al Haris juga mengatakan bahwa akan terus mengawal kegiatan baik dari mulainya PWN hingga nanti pasca PWN.

"Kegiatan pembangunan di lima desa nanti akan tetapi dikawal, diawasi dan dilanjutkan sampai dua tahun kedepan pada akhirnya. Dan pada tahun 2023 kami harapkan dapat terwujud rintisan kampung Pramuka di provinsi Jambi khususnya di Lima Desa di Kabupaten Batanghari," Pungkasnya

Komentar Facebook