Kursus Kewirausahaan Tahun 2021

Kamis, 23 Desember 2021 | 07:07:06 WIB | Dibaca: 119 Kali



Pacu Ketrampilan,  daya saing dan  daya juang Penegak Pandega

Kursus Kewirausahaan Kwarda Jambi,  dibuka oleh Ka. Kwarda Jambi,  yang diwakili Sekretaris Kwarda Jambi,  Kakak  Yevi Rivaldi,  SH, MH, Senin/20/12/219 malam,  di Kwarda Jambi.

Ka,  Kwarda,  dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Kwarda Jambi, mengatakan,  Tujuan Pendidikan Kepramukaan ialah menciptakan generasi muda yang memiliki Iman dan takwa, kepribadian baik, nilai kebangsaandan kepedulian yang tinggi serta memiliki kecakapan hidup dan selanjutnya mampu menjadi generasi penerus yang  memiliki potensi dan Tauladan serta memiliki daya saing, daya juang dan daya jelajah,sehingga mampu menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kemajuan dan perubahan perilaku kehidupan baru.

Kakak Kakak sekalian, ujar Ka. Kwarda lagi,  besar harapan kita semua, terhadap penyelenggaraan kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, agar dapat membuka pola pikir dan mengembangkan pemahaman kewirausahaan bagi pramuka penegak dan pandega agar dapat menjadi pengusaha muda pramuka yang sukses.

 

Dengan tema  “menumbuhkembangkan pemahaman dan semangat kewirausahaan bagi pramuka penegak dan pandega sebagai agen perubahan generasi muda yang mampu memanfaatankan peluang dan menciptakan usaha produktif” kegiatan pelatihan kewirausahaan penegak dan pandega ini dilaksanakan dengan menitikberatkan pada semangat kewirausahaan dengan capaian TKK Tingkat Utama golongan pramuka penegak dan pandega yang memiliki makna “berhasil guna dan berdaya guna.”

 

Ka. Kwarda juga mengatakan bahwa kegiatan ini,  menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh Sangga Kerja dan peserta,  sebelum dimulainya kursus ini,  sudah di swab antigen. Selanjutnya,  sambung Ka. Kwarda,  juga selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Semoga,  dengan ihktiar demikian kita semua terhindar dari Covid -19, harap Ka. Kwarda Jambi.

 

Sementara itu, sebelumnya,  Ketua Dewan Kerja Daerah Jambi, Kakak Arneli Puspita, ST, MT, melaksankan upacara Adat Tradisi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, sebagai tradisi pramuka Penegak dan Pandega sebelum memulai kegiatan.

Sebagai rangkaian pembukaan selanjutnya, dalam Laporan tertulis, Ketua Sangga Kerja Kursus Kewirausahaan Kwarda Jambi, Kakak  Eko Trimo Harcahyo,  menyampaikan bahwa, seiring dengan amanah MUSDA yang tertuang dalam Rencana Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi 2017-2022, pada tahun 2018 telah dicanangkan Program Pencapaian 1.000 Pramuka Garuda SIMPATIK (Santun, ber-Iman, Mandiri, Peduli, ber-Akhlak, Terampil, ber-Integritas dan ber-Kualitas). Sasaran pada Progja Tahun 2022, adalah menjadikan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang dapat menjadi Teladan dalam SIKAP, Pengetahuan dan Teladan dalam Ketrampilan. Sejalan dengan Renja Kwartir Daerah Jambi, Dewan Kerja Daerah Jambi melalui Amanah MUSPPANITRA Tahun 2017, menitikberatkan pada semangat kewirausahaan dengan capaian TKK tingkat UTAMA, golongan Pramuka Penegak dan Pandega yang memiliki makna berhasil guna dan berdaya guna, lanjut Kakak Eko lagi Kondisi saat ini, ujarnya,  capaian TKK tingkat UTAMA masih berorientasi pada Prestise (Penghargaan). Belum menyentuh pada Prestasi. Yaitu, sebagai kualitas ketrampilan hidup (memiliki kemampuan dasar ketrampilan hiddup-red), sehingga masih banyak kalangan Pramuka Penegak dan Pandega, yang belum mampu memanfaatkan peluang usaha yang ada disekitarnya. Sehubungan dengan upaya capaian dimaksud, tambahnya, dipandang perlu melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan Daerah bagi Pramuka Penegak dan Pandega, yang tergabung pada Dewan Kerja dalam Jajaran Kwartir Daerah Jambi Jambi Tahun 2021, jelasnya lagi.  Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan Semangat Kewirausahaan bagi Pramuka Penegak-Pramuka Pandega. Sehingga mampu memanfaatkan peluang dan menciptakan usaha produktif. Sekaligus,  merupakan Daya dukung Dewan Kerja Daerah Jambi, pada pencapaian Program 1.000 Pramuka Garuda SIMPATIK Tahun 2022". Khususnya mewujudkan Pramuka Penegak-Pandega yang memiliki Tauladan atas Ketrampilan dan memiliki daya saing, daya juang dan daya jelajah, dalam menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kemajuan serta perubahan perilaku kehidupan baru.

peserta kegiatan,  menurut kakak eko, berjumlah 27 orang ( 17     putera +  10 puteri).  secara keseluruhan, peserta terdiri dari unsur Dewan Kerja Daerah Jambi,   3 pa + 2 pi, unsur dari DKC dalam jajaran Kwarda Jambi: Kota Jambi,  7 putera + 2 puteri,  Muaro Jambi, 2 putera + 4 puteri, Batanghari,  1 putera + 1 puteri, DKC Sungai Penuh,  1 putera + 1 puteri, Tanjung Jabung Barat 1 putera, DKC Merangin 1 putera dan DKC Kerinci,  1 putera.

PIMPINAN KURSUS DAN NARASUMBER

PIMPINAN KURSUS          : M. Syabri Haris, SP, Sekretaris Pusdiklatda Kwarda Jambi

NARASUMBER                    :

Yevi Rivaldi, SH., MH/ Sekretaris Kwarda Jambi

Ir. Dede Martino, M.Sc, Dosen Unja/ Owner Dede Techno

Madri Havizal, Andu Kominfo Kwarda Jambi

Berlian Santosa, MM/ Owner Jakos

  1. AS. Budianto, SE, MM, Waka KUSP Kwarda Jambi

Dr. Ade Oktavia, SE/ Dosen FEB Unja

  1. Ricki Wahyudi, SE, Kapusdiklatda Kwarda Jambi

Bambang Edi Winarso, SE/ Ceo Digos dan Chief Editor Triqinet. com

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi

Dinas UMKM & Koperasi Provinsi Jambi

Rumah Brownies

Duratu

Workshop Usaha Teknologi Terapan

Usaha Ikan Pak Zulkipli

Usaha Pengelolaan Kopi

Seluruh peserta Kursus Kewirausahaan,  Kamis, /23/11/21 akan melakukan kegiatan Busisnes experience ke beberapa jenis usaha berbasis enterpreneur di Kota Jambi. Selanjutnya, peserta ditugaskan mempresentasikan proses pembelajarannya secara luring di tempat yang dikunjungi, dalam bentuk video pendek. Pengalaman mereka selama disana, diharapkan menjadi pembekalan yang baik dan memotivasi minat enterpreneur mereka, ujar Ketua Sangga Kerja Kursus  Kewirausahaan, Kakak Eko.

Kakak Eko juga menyampaikan bahwa penutupan Kursus ini, akan dilakukan oleh Ka. Kwarda  Jambi, yang diwakili oleh Waka binamuda, Kakak Suci Lestari, SH, Kamis/23/12/21 malam.

Komentar Facebook