Pembekalan Sangker dan Simulasi PPSN ke V Tahun 2018

Jumat, 19 Oktober 2018 | 14:43:57 WIB | Dibaca: 1484 Kali



Pembekalan Sangker dan Simulasi PPSN ke V Tahun 2018
SEBANYAK 131 orang Sangga Kerja (Sangker) dan Simulasi Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ke V Tahun 2018, yang berlangsung di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayoeti –Musa Desa Sungai Gelam Kecamatan Muarojambi. Ketua Pelaksana Pembekalan Sangker dan Simulasi PPSN V Tahun 2018, Suci Lestari SH dalam laporannya mengatakan, ditetapkannya Provinsi Jambi sebagai tuan rumah PPSN ke V Tahun 2018, sehingga dalama rangka mempersiapkan personil yang akan melaksanakan teknis kegiatan, Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, telah melaksanakan selesksi calon sangker yang berasal dari Pramuka Penegak dan Pandega, dalam jajaran Kwarda Gerakan Pramuka Jambi.
“Pramuka dilingkungan Kemenag harus bersyukur dan bangga bahwa terdapat pertemuan besar bagi Pramuka dimadrasah, Pondok pesantren (Ponpes, red) dan Perguruan Tinggi Agama Islam, yang rutin dilaksanakan. Bagi Pramuka santri ada perkemahan Pramuka santri nusantara. Bagi perkemahan Pramuka madrasah nasional dan bagi Pramuka Perguruan Tinggi Islam ada perekmahan wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan,” kata Suci Jum’at (19/10).
Dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang besar bagi Pramuka penegak dan pandega, khususnya yang berada dilingkungan pendidikan berbasis keagamaan.
“Ini berarti bahwa kegiatan kepramukaan itu tidak ada pada satuan pendidikan, baik umum maupun keagamaan, semua bermuara pada pembentukan karakter atau kepribadian kaum muda Indonesia,” urainya.
Sementara, Ka. Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, H. Sudirman SH, MH dalam sambutannya mengatakan, PPSN merupakan wadah pertemuan bagi para Pramuka santri se-Indonesia, dan tahun 2018 merupakan tahun ke-V penyelenggaraan perkemahan ini.
“Kami mengucapkan selamat kepada adik-adik sekalian yang telah ditetapkan sebagai Sangker PPSN ke V Tahun 2018. Sangker merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, yang berfungsi sebagai wahana pengembangan kemampuan manajerial khususnya dalam pengelolaan dan pelaksanaan teknis kegiatan,” jelas Ka. Kwarda.
Kesediaan menjadi Sangker PPSN ke-V Tahun 2018, adalah suatu yang sangat membanggakan, adik-adik yang berasal dari unsur DKC maupun yang melalui tahapan seleksi dengan penuh semangat ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Melalui kegiatan pembekalan dan simulasi, ini bertujuan agar Sangker memahami tugas pokoknya sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
“Sehingga pada pelaksanaan PPSN seluruh Sangker dapat bekerja dengan baik, professional dan penuh semangat. Dan membuat penyelenggaraan PPSN ke-V sukses dan berkesan dimata seluruh peserta,” harapnya.
Sementara, . Ka. Kwarda Jambi melalui Sekretaris, Yevi Rivaldi SH Minggu, (21/10) dihari penutupan Pembekalan Sangker, menambahkan, berdasarkan hasil seleksi wawancara, ditetapkan sebanyak 131 calon Sangker yang akan bergabung dengan Dewan Kerja Nasional, Dewan Kerja Daerah Jambi dan Dewan Kerja Cabang se-Kwarda Jambi, sebagai Sangker PPSN V Tahun 2018, sebagaimana yang tertuang dalam keputusan Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Nomor 395 Tahun 2018.
“Selanjutnya seluruh Sangker akan mengikuti kegiatan pembekalan dan simulasi PPSN ke-V selama 3 hari, bertempat di Bumi Perkemahan Andurrahaman Sayoeti – Musa, Desa Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi,” tandas Yevi.(yos)

Komentar Facebook