Rakerda Jambi Tahun 2024, dihadiri Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka

Rakerda Jambi Tahun 2024, dihadiri Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka

KWARDAJAMBI - Rapat Kerja Daerah yang disingkat Rakerda Gerakan Pramuka Jambi Tahun 2024, dilaksanakan dari 21-23 Juni 2024 di Kwarda Jambi dan dihadiri Ketua Kwartir Nasional/ Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka.

Pembukaannya, menurut Ketua Panitia Rakerda, kak Abdullah, S.E, dilaksanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat 21/6/24, oleh Gubernur Jambi selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah/Ka.Mabida Gerakan Pramuka Jambi. Dalam hal ini, ujarnya lagi, Ka. Mabida Jambi, diwakili oleh Wakil Gubernur Jambi, kakak Drs.H.Abdullah Sani, M.Pd.I, selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah/Waka Mabida Gerakan Pramuka Jambi.

Pada pembukaan tersebut, saat menyampaikan sambutan Ka.Kwarnas, Waka / Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda/Binamuda, Kak Dr. Sigit Muryono, M.Pd, menyampaikan bahwa, Gerakan Pramuka, diharapkan untuk terus melakukan peningkatan SDM. Baik pengurus kwartir, pembina hingga pelatih anggota dewasa, khususnya, kepada peserta didik. 

Agar, setiap anggota pramuka memiliki daya saing, dalam menghadapi perkembangan zaman, yang penuh tantangan dan peluang. Terutama, dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Dijelaskannya juga bahwa, keunggulan sumber daya manusia, yang berkualitas dan berkarakter, merupakan salah satu dari tiga hal pokok yang menjadi acuan, untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 tersebut. 

Acuan diatas, telah menempatkan peran penting Gerakan Pramuka. Karena, hanya keunggulan yang memiliki karakterlah, yang menjadi focus pencapaiannya.

Oleh karennya, jelas kak Dr. Sigit Muryono, M.Pd lagi, yang mewakili Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka,

"Gerakan Pramuka harus mampu dan dapat menjadi garda terdepan, dalam mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045, dengan hard skill, soft skil dan social skill, bagi para anggota pramuka”, ujarnya. “Melalui upaya upaya yang komprehensif”. Tambahnya lagi.

Sementara itu, saat membuka Rakerda, Waka Mabida, Kak Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd. I, yang mewakili Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi, menambahkan bahwa, sebagai organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan non formal, Gerakan Pramuka memiliki peran yang strategis dan memiliki kiprah, sejak masa merebut kemerdekaan RI. Sehingga kiprah dan keberadaan Gerakan Pramuka, tidak perlu diragukan lagi.

"Sikap militan dan kesukarelaan Gerakan Pramuka, tidak terkikis oleh zaman dan masih tetap tegak berdiri pada pondasinya. Hal inilah, yang menjadikan Gerakan Pramuka, masih berdiri pada pondasinya. Kokoh berpijak pada tujuan dan bergerak dinamis, sesuai dengan perkembangan zaman". 

Dikatakan Waka Mabida lagi bahwa,

Pemerintah Daerah, berharap besar kepada Kwarda Jambi dan kwarcab-kwarcab, untuk selalu dapat bersinergi. Guna mewujudkan program, yang diimpelemntasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,"  

Memperbanyak kegiatan demikian, dengan keunggulan program yang dimiliki, dapat menunjukkan peran yang lebih luas, ditengah masyarakat. Sekaligus merupakan salah satu upaya, memperkenalkan hakekat pendidikan kepramukaan, bagi masyarakat, bangsa dan negara. 

Disadari bahwa, belum semua masyarakat mengetahui dan memahami akan peran gerakan pramuka, ditengah masyarakat, urai Waka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi, yang membacakan sambutan Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi.

Sebelum itu, Ka. Kwarda Jambi, Kak . Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H, dalam sambutannya saat pembukaan, mengatakan bahwa, Kepengurusan Kwarda Jambi masa bakti 2022 - 2027 memiliki 6 misi, yang diwujudkan sebagai 12 bakti Kwarda Jambi. 

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Ka.Kwarda, pada periode masa bakti yang lalu, Kwarda Jambi telah mewujudkan hampir 1.000 Pramuka Garuda. Sebagai kelanjutannya, pada periode masa bakti 2022 - 2027, Kwarda Jambi kembali mencanangkan pencapaian 2.805 Pramuka Garuda, sebagai program prioritas utama. 

Guna mendukung hal tersebut dikatakan Ka. Kwarda,

"Kami akan terus melakukan penguatan pendidikan kepramukaan, organisasi, bela negara, pengabdian kepada masyarakat, pelayanan informasi, keuangan, merealisasikan Kampung Pramuka disebelas Kwarcab, menciptakan tenaga pendidik yang tersertifikasi dan menciptakan gerakan kerelawanan dalam jajaran Kwarda Jambi," kata Ka. Kwarda Jambi, Kak Dr. H. Sudirman, S.H.,M.H, Jum'at (21/6).

Sebagai penguatan lainnya, dilakukan penandatangan MoU antara Kwarda Jambi dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi, Palang Merah Indonesia ( PMI) Provinsi Jambi, Lapas Klas IIA Jambi, yang akan diikuti penanda tanganan MoU lainnya, paska Rakerda kali ini. 

Rangkaian pembukaan, yang diawali dengan tari persembahan, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Tunggul Prestasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Tergiat, dari Ka.Kwarda Jambi, kepada Ka. Mabida Jambi dan diikuti penyerahan piagam penghargaan, kepada Kwarcab dalam jajaran Kwarda Jambi, yang telah memberikan dukungan dan support. Sehingga Kwarda Jambi, berhasil meraih prestasi, sebagai Kwartir Daerah Tergiat I tingkat nasional, pada Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 1- 4 Desember 2023 lalu, di Banda Aceh. 

Pembukaan dilanjutkan dengan penyerahan palu sidang dari Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi, yang diwakili Waka Mabida, kepada Ka. Kwarda Jambi, dan ditutup dengan foto bersama.

Dalam pembukaan, turut hadir Ketua LAM Provinsi Jambi, Ketua PMI Provinsi Jambi, Kalapas Klas IIA Jambi, Forkompinda, Ka. SAR Jambi, para kepala OPD, para Ka. Kwarcab, unsur Pimpinan Kwarda Jambi, Kapusdiklatda, para Andalan Daerah Gerkan Pramuka Jambi, Ketua DKD dan jajaran, DKC serta peserta Rakerda Jambi Tahun 2024.

Menurut keterangan Ketua Panitia Rakerda, Rakerda kali ini, mengusung tema 'Sinergitas Pelaksanaan 12 Bakti Tahun 2025, sebagai Bagian Artefak Pencapaian Renstra Kwarda Jambi Masa Bakti 2022 - 2027. 

"Peserta Rakerda", ujar kak Abdullah, "terdiri dari unsur Kwarcab dan Ketua DKC se Kwarda Jambi. Berbagai agendanya, dilaksanakan sebagaimana Keputusan Rakerda Tahun 2024 nomor 02, tentang Agenda Rakerda Tahun 2024. Keputusan tersebut, sekaligus mengatur Tata Tertib Rakerda sebagai panduan pelaksanaannya", jelas kak Abdullah lagi.

Setelah pembukaan, sampai 23 Juni 2024, Rakerda ini berlangsung di Kwarda Jambi, jelasnya lebih jauh lagi.

Sebagaimana diketahui, setelah penyampaian laporan Hasil Sidang Tim Perumus dan pembacaan Keputusan Rakerda no 06 Tahun 2024 sebagai pengesahannya, Rakerda 2024, ditutup oleh Ka. Kwarda Jambi, secara resmi. (*)